Senin, 18 November 2019

Cara Merawat Kuku Panjang Agar Sehat, Kuat dan Cantik

tips merawat kuku
Designed by Freepik


Cara merawat kuku sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah. Cukup meluangkan sedikit waktu dan mengetahui beberapa tips merawatnya. Perawatan kuku penting untuk dilakukan, karena banyak yang memanjangkannya. Selain itu, kini juga sedang tren menghias kuku dengan menggunakan cat kuku.

Perawatan yang tidak tepat dapat mengakibatkan kuku menjadi rapuh, mudah patah hingga berwarna kekuningan. Hal tersebut menandakan kuku yang tidak sehat dan terkesan jorok.


Tips Cara Merawat Kuku Panjang Agar Sehat, Kuat dan Cantik

Untuk mencegah bakteri tumbuh di bawah kuku, maka jaga kelembaban dan jaga kuku tetap kering. Saat mencuci piring atau baju, agar kuku terlindung dari air dan detergent, maka dapat memakai sarung tangan. Potong kuku secara teratur dan bila perlu gunakan pelembab. Agar menjaga kuku tetap kuat.

Cara merawat kuku dari dalam, dapat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Yang banyak mengandung kalsium, zat besi, protein, magnesium, zink, vitamin D dan E. Misalnya saja kacang-kacangan, susu, daging, ikan dan semua jenis sayuran.

Cara Merawat Kuku Panjang, dan Hal yang Harus Dihindari

Hal-hal yang harus dihindari agar tidak terjadi kerusakan pada kuku adalah jangan suka menggigitinya. Kebiasaan orang menggigit kuku dapat menyebabkan kuku menjadi pendek dan bentuknya jelek. Alas kuku menjadi rusak serta bakteri mudah masuk sehingga menginfeksi kuku.

Jangan sekali-kali memotong kutikula. Karena, bakteri dan jamur yang masuk dapat menyebabkan infeksi, apabila ada luka kecil di samping kuku. Potong hangnail dengan gunting kuku. Hangnail merupakan kulit pinggiran kuku yang keluar.

Menarik atau mencabut hangnails secara paksa, dapat merobek jaringan kulit. Bahkan, bisa beresiko infeksi, bengkak atau bernanah. Penggunaan kutek yang terlalu sering juga tidak menyehatkan kuku. Apabila anda tetap menggunakannya, maka pilihlah kandungan yang ringan.

Begitu pula dengan penggunaan penghapus kutek, pilih yang bebas kandungan aseton. Aseton dapat membuat kuku berwarna kuning dan pecah pada permukaannya.

Cara merawat kuku agar sehat, kuat dan cantik perlu diketahui. Apalagi jika ingin memanjangkannya agar tumbuh dengan baik dan tidak mudah patah serta rapuh. Perawatan yang begitu mudah dapat dilakukan di rumah. Dengan memperhatikan tips serta hal-hal yang perlu dihindari agar kuku sehat.


Baca juga : 5 Khasiat Teh Hijau Untuk Tubuh dan Wajah

4 komentar

  1. Pelembabnya buat kuku gitu? Dioleskan di kuku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelembab yang dimaksud semacam handcream mba ^^

      Hapus
  2. kalo aku kukunya ta olesin minyak kemiri bikin sendiri. bikin kuku bersinar dan lebih kuat

    BalasHapus

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement