Kamis, 12 Januari 2023

Ini Dia Urutan Cara Pemakaian Skincare yang Benar

Ingin punya kulit wajah yang bersih, sehat dan bercahaya. Pemakaian skincare yang benar kuncinya. Perawatan kulit memang harus dilakukan setiap hari dan rutin agar kecantikan alami kulit tidak pudar. 

Urutan pemakaian skincare

Masalahnya jumlah skincare yang dibutuhkan untuk perawatan tidak hanya satu. Ada beberapa skincare yang harus diaplikasikan ke wajah dengan urutan yang benar. Salah urutan bisa mengakibatkan kerja skincare tidak maksimal. 


Urutan Pemakaian Skincare yang Benar 


Sudah kenal dengan pelembab wajah. Apakah cukup hanya dengan mengaplikasikan pelembab ke wajah, lalu kulit wajah bisa bebas kerutan, mulus dan sehat bercahaya. Oh tentu saja tidak. Ada rangkaian skincare yang perlu diterapkan agar impian memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik dari dalam dapat terwujud. 


Apa saja urutan pemakaian skincare yang benar. Ini dia : 


Facial Foam 


Setelah bangun tidur, wajah biasanya terlihat kusam akibat minyak dan kotoran yang menempel. Karena itu bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah atau yang biasa dikenal sebagai facial foam atau facial wash. 


Kandungan di dalamnya mampu mengangkat kotoran atau sisa skincare yang digunakan saat malam hari. Wajah yang bersih akan memudahkan rangkaian skincare lainnya meresap lebih baik ke dalam kulit. 


Toner 


Rangkaian skincare selanjutnya setelah facial foam adalah toner. Gunanya untuk mengembalikan pH kulit yang bisa jadi terkikis saat wajah dibersihkan menggunakan facial foam. Selain itu juga untuk membersihkan kulit dan memberikan kelembaban. Dengan demikian, kulit  wajah pun siap untuk diberikan rangkaian skincare yang lain. 


Facial foam dan toner ini sering digunakan bersamaan dan pembersihan yang dilakukan disebut sebagai double clensing. Wajah jadi lebih bersih dan siap untuk menerima skincare lainnya yang masuk ke dalam kulit. 


Essence 


Essence adalah cairan yang berbahan dasar air dengan konsentrat yang tinggi. Di dalamnya ada kandungan hyaluronic acid, gliserin dan juga vitamin C yang berfungsi untuk melembabkan kulit, menutrisi dan juga mencegah penuaan dini. 


Essence digunakan setelah memakai toner dan sebelum serum. Tuangkan saja secukupnya ke telapak tangan dan pijat perlahan ke kulit wajah yang sudah bersih. Biarkan meresap dan tepuk-tepuk perlahan untuk merasakan ketenangan setelah memakainya. 


Serum 


Serum adalah cairan bertekstur rendah yang memiliki konsentrat zat aktif yang lebih tinggi daripada essence. Bahan aktifnya yang cair cepat meresap masuk ke lapisan kulit paling bawah dan dipercaya 4 kali lebih efektif untuk melembabkan kulit dibandingkan dengan pelembab wajah. 


Cara pakainya pun mudah. Tuangkan saja secukupnya ke telapak tangan atau jika menggunakan pipet bisa langsung diaplikasikan ke wajah pada dahi, pipi, hidung dan dagu. Lalu pijat perlahan sampai serum meresap masuk ke dalam kulit. 


Moisturizer / Pelembab Wajah 


Seperti namanya, pelembab wajah digunakan untuk melembabkan kulit wajah. Bentuknya ada yang krim dan ada juga yang gel. 


Untuk kulit kering, normal dan kombinasi, gunakan pelembab yang berbentuk krim. Sementara pemilik kulit berminyak dapat menggunakan pelembab wajah yang berbentuk gel. Hal ini berpengaruh pada peresapan skincare ke kulit yang berbeda tergantung jenis kulit. 


Tak ada salahnya juga mengaplikasikan pelembab ke leher, agar kulit wajah dan leher sama-sama lembabnya.


Sunscreen 


Apakah sunscreen itu perlu? Jawabannya adalah iya. Sebagai tabir surya, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B yang membahayakan kulit. Selain itu, sunscreen juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini seperti munculnya fleks hitam, kerutan dan juga garis halus di wajah. 


Rajin menggunakan sunscreen dipercaya dapat membuat wajah nampak awet muda dan bebas dari kerutan. Gunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30 untuk perlindungan yang lebih maksimal. Sebaiknya diaplikasikan antara 15 sampai 30 menit sebelum keluar rumah. 


Cara pemakaian skincare yang benar

Sunscreen dianggap sebagai penutup rangkaian skincare. Setelah itu wajah siap diberi makeup atau dibiarkan begitu saja ketika di dalam rumah. Atau bisa juga diberi riasan sedikit seperti bedak dan lipstick. 


Itu dia beberapa rangkaian skincare dengan urutan pemakaian yang benar. Pastikan tidak keliru apalagi loncat-loncat ya. Agar manfaat skincare dapat dirasakan dengan lebih di dalam kulit. Melalui urutan yang benar, kulit pun terawat dengan lebih baik. Selamat mencoba. 



Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement