Minggu, 08 Januari 2023

6 Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis yang Benar


Jeruk nipis termasuk salah satu jenis buah yang terbukti memiliki manfaat untuk kecantikan wajah. Banyak produk perawatan kecantikan modern yang menggunakan ekstrak jeruk nipis di dalamnya. 

Salah satu kandungan di dalamnya ialah AHA atau apa hydroxy acids serta berguna dalam mencerahkan kulit wajah. AHA dapat membuat pori-pori kulit bernafas secara bebas serta membersihkan sel kulit mati.  

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis juga beragam, mulai dari menggunakan air perasannya langsung pada wajah hingga menjadikannya masker bersama bahan lain. Berikut adalah enam cara penggunaan jeruk nipis sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah.

1. Masker Air Jeruk Nipis
Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis yang termudah serta paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan air perasannya sebagai masker tanpa campuran apapun. Sebelum menerapkan masker ini pada seluruh wajah, cobalah terlebih dahulu pada beberapa bagian untuk mengetes akan terjadinya iritasi atau tidak. Jika tidak merasa perih di kulit, kita bisa melanjutkan pada langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis segar
  2. Belah dan peras airnya, lalu masukkan air perasan ke dalam wadah
  3. Ambil kapas dan celupkan ke dalam perasan air jeruk nipis tersebut
  4. Oleskan pada wajah secara merata
  5. Biarkan airnya meresap dalam kulit dengan cara didiamkan kira-kira 15 menit
  6. Bilas menggunakan air hingga bersih
  7. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan dua kali seminggu

2. Masker Jeruk Nipis dan Madu
Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipisberikutnya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis serta madu. Madu sendiri telah dikenal sebagai salah satu bahan alami dalam mencerahkan kulit wajah. Dalam madu terutama terkandung vitamin yang akan menutrisi kulit wajah karena memiliki sifat antiseptik. Penggunaan madu juga dapat mengikis sel kulit mati sehingga wajah akan tampak lebih segar serta bersih.

  1. Cuci wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat
  2. Ambil madu sebanyak satu sendok makan dan air perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok
  3. Aduk kedua bahan sampai tercampur rata
  4. Oleskan pada wajah serta leher hingga merata
  5. Diamkan kira-kira 20 menit dan bilas menggunakan air dingin agar pori-pori bisa menutup kembali.

3. Masker Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun
Minyak zaitun terutama akan dapat melembabkan kulit kering serta menghilangkan noda hitam di kulit wajah. Masker ini akan ampuh sebagai cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis.

  1. Ambil tiga sendok makan air perasan jeruk nipis
  2. Tambahkan minyak zaitun murni secukupnya saja
  3. Aduk merata lalu oleskan merata pada seluruh area wajah
  4. Biarkan meresap selama kira-kira 15 menit sebelum dibilas hingga bersih
4. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur
Berikutnya, kita bisa mencoba cara memutihkan wajah dengan jeruk  nipis dan putih telur. Masker berbahan putih telur sendiri termasuk dalam perawatan kecantikan tradisional yang telah digunakan sejak zaman dulu. Gunakan telur ayam kampung karena terbukti lebih manjur. Campuran putih telur serta air perasan jeruk nipis ini terbukti dalam mencerahkan kulit, mengurangi kadar minyak berlebih hingga menghilangkan kerutan pada wajah.

  1. Siapkan jeruk nipis sebanyak satu buah dan telur ayam kampung sebanyak satu butir
  2. Ambil putih telur ayam kampung tanpa kuning telurnya lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis
  3. Aduk kedua bahan sampai tercampur merata
  4. Oleskan masker pada wajah serta leher hingga merata
  5. Diamkan sampai mengering kemudian bilas sampai bersih

5. Masker Jeruk Nipis dan Susu
Susu ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga untuk kecantikan wajah. Manfaat dari pemakaian masker susu ini di antaranya adalah dapat membuat wajah semakin tampak segar serta cerah. Masker susu serta jeruk nipis terutama akan dapat menghilangkan flek hitam pada wajah serta mencerahkan wajah hingga lebih berseri. Berikut cara memakai masker jeruk nipis yang benardengan tambahan susu.

  1. Ambil satu buah jeruk nipis yang masih segar, lalu peras airnya
  2. Tambahkan susu bubuk sebanyak lima sendok makan ke dalamnya
  3. Tambah sedikit air lalu aduk rata, jangan sampai terlalu encer
  4. Oleskan masker ini ke seluruh wajah serta leher
  5. Diamkan kira-kira 15 menit kemudian bilas hingga bersih
6. Masker Jeruk Nipis dan Tomat
Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan tomat di bawah ini juga bisa kita terapkan. Kandungan dalam tomat sendiri hampir sama seperti jeruk nipis, di antaranya adalah kaya vitamin C dan juga antioksidan. Tomat terbilang sangat ampuh dalam mencerahkan kulit wajah yang kusam. Tomat juga sudah biasa dijadikan salah satu bahan masker alami yang banyak digunakan oleh para wanita.

  1. Sediakan satu buah tomat segar kemudian tumbuk halus
  2. Tambahan satu sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata
  3. Oleskan campuran masker ini ke wajah
  4. Diamkan kira-kira 20 menit lalu bilas hingga bersih

Aneka masker jeruk nipis setiap hari di atas dapat kita praktekkan dan aplikasikan untuk mendapat kulit yang lebih cerah dan bersinar. Fungsi masker-masker tersebut tak sekedar mencerahkan wajah namun juga menghilangkan noda hitam, menyamarkan bekas jerawat hingga membantu menghilangkan kerutan pada wajah. 

Penggunaan masker secara umum juga dapat melembabkan serta menghaluskan kulit. Kulit wajah tak hanya menjadi lebih cantik namun juga semakin sehat. Pemakaian masker sekaligus dapat digunakan sebagai perawatan rutin untuk kesehatan kulit. Apalagi karena bahan-bahan masker yang digunakan terbilang alami, murah dan mudah didapat.

Yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah efek samping jeruk nipis untuk wajah. Pada kulit yang sensitif, mungkin akan muncul iritasi berupa rasa pedih atau kulit wajah menjadi kemerahan. Mengingat tingginya kadar vitamin C dalam jeruk nipis, adalah wajar jika kulit terasa sedikit pedih terutama pada awal pemakaian. 

Akan tetapi apabila gejala pedih pada kulit ini tidak kunjung membaik dan justru semakin bertambah parah, segera konsultasikan ke dokter. Namun secara keseluruhan, penggunaan jeruk nipis serta aneka bahan tambahan yang disebutkan di atas tidak akan menimbulkan efek samping jangka pendek ataupun jangka panjang.

Agar didapat hasil yang maksimal, gunakan aneka masker di atas secara rutin tiap hari atau beberapa kali seminggu. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis setiap hari adalah rahasia dari kulit bersih, bebas minyak dan cerah berseri. 

Pemakaian yang konsisten akan membantu hasil yang maksimal karena kulit cerah tidak dapat diperoleh secara instan. Dibutuhkan proses sebelum warna kulit bisa mulai berubah dari kusam menjadi cerah serta semakin sehat. 

Di samping pemakaian masker secara rutin, perlu pula untuk menjaga gaya hidup sehat. Termasuk di antaranya adalah konsumsi cukup air putih, makan makanan bernutrisi tinggi serta rajin berolahraga serta istirahat yang cukup.
 

Ad Placement