Selasa, 24 Maret 2020

Mengenal Pengauditan Energi dan Landasan Hukumnya

Audit energi listrik sangat erat  kaitannya dengan pembangunan sektor ekonomi negara. Audit energi dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang efektif dalam proses penghematan energi pada sektor ekonomi. Penghematan energi sangat penting dilakukan, karena saat ini minyak bumi telah menipis, sedangkan penggunaan energi makin besar. Hal ini mendorong banyak orang menciptakan cara-cara penghematan energi, salah satu contohnya yaitu menggunakan sistem audit energi. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai audit energi.


Definisi Audit Energi
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa audit energi listrik yaitu cara yang dilakukan untuk penghematan energi listrik dalam suatu sektor ekonomi dengan mengevaluasi dan mengidentifikasi peluang penghematan energi tanpa menghambat produktivitas.

Konservasi Energi
Konservasi energi dilakukan oleh pemerintah sebagai sarana untuk memberi kemudahan dalam pengelolaan energi. Hal ini diterbitkan melalui PP No 70 Tahun 2009 tentang konservasi energi. Pemerintah terutama Kementerian Lingkungan Hidup terus mengupayakan untuk mengawasi penggunaan energi melalui Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER). Baik dalam pengelolaan lingkungan hidup maupun program konservasi energi.

Pada intinya, pemerintah ikut serta dalam mendorong setiap sektor ekonomi untuk mengelola energi secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam Peraturan Menteri LH No 03 Tahun 2014 yang berkaitan dengan PROPER, pencapaian efisiensi energi dapat dilihat melalui pemberian peringkat biru, merah, atau hitam. Sedangkan penilaian aspek menggunakan hijau dan emas.

Manfaat Audit Energi
Audit energi merupakan proses identifikasi dan evaluasi untuk penghematan energi, dalam pelaksanaannya hal-hal yang diidentifikasi antara lain:
· Peralatan atau unit yang menghabiskan lebih banyak energi.
· Penyebab tingginya penggunaan energi.
· Besar potensi penghematan.
·Dampak yang ditimbulkan terhadap produktivitas.

Dengan adanya audit energi, akan diperoleh suatu gambaran detail mengenai penggunaan energi dalam suatu sektor ekonomi. Selain itu, dengan adanya audit energi maka akan diketahui upaya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi.

Audit energi listrik sendiri dapat dilakukan oleh layanan profesional, salah satu yang terbaik yaitu Sewatama. Sewatama hadir sebagai layanan profesional segala masalah pembangkit kelistrikan anda. Dapatkan hasil maksimal melalui sistem yang telah terintegrasi dan terbukti kualitas serta kuantitasnya. Tunggu apa lagi. Segera hubungi Kami di https://sewatama.com/id/ sekarang juga ya!

1 komentar

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement