Sabtu, 05 September 2020

Tips Tetap Sehat Jiwa dan Raga di Tengah Masa Pandemi


Tahun 2020 rasanya menjadi tahun yang panjang dan cukup berat bagi kita semua. Dimana ada wabah Covid-19 yang penularannya begitu mudah dan cepat..

Adanya pandemi ini kemudian merubah banyak tatanan kehidupan kita. Sehingga pemerintah juga mengeluarkan istilah "new normal" atau yang kemudian disebut juga "adaptasi kebiasaan baru".

Anjuran untuk menjaga kesehatan diserukan dimana-mana. Itu bertujuan agar kita bisa menjaga diri masing-masing dan keluarga tercinta agar tidak ikut tertular virus corona. Karena jika sudah tertular, harus menjalani karantina mandiri atau karantina di rumah sakit.

Jujur ada rasa takut dan panik yang juga saya alami. Takut tertular, takut kalau nanti harus menjalani pengobatan dan nggak bisa ketemu keluarga. Mikirinnya aja bikin stres.

Tips Tetap Sehat Jiwa dan Raga di Tengah Masa Pandemi

Padahal pikiran yang kalut dan stres bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga malah mudah terserang penyakit. Untuk itu saya berusaha tetap berpikiran positif agar bisa tetap sehat dan menjalani kegiatan di tengah wabah Covid-19 ini.

Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan juga pikiran.

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Sebagai orang Indonesia kita diuntungkan dengan lauk dan sayuran yang beragam yang memang biasanya terhidang saat jam makan. Jadi setidaknya karbohidrat, protein hewani/nabati, vitamin dan serat kita konsumsi setiap harinya. 

Hanya saja saya mengurangi untuk jajan sembarangan di luar dan sebisa mungkin memasak makanan sendiri agar lebih aman dan gizinya terjaga.

2. Minum Vitamin


Selain masker, sekarang vitamin juga jadi produk yang laris manis di tengah pandemi Covid-19. Harganya jadi naik dua kali lipat dari biasanya. Itu karena memang kita butuh minum vitamin agar daya tahan tubuh juga terjaga selama wabah ini.

3. Menerapkan Protokol Kesehatan

Cuci tangan, pakai masker, bawa hand sanitizer, jaga jarak, itu semua menjadi hal wajib ketika bepergian keluar rumah saat ini. Meski ribet, tapi sebisa mungkin harus kita patuhi demi kebaikan kita sendiri. 

4. Olahraga

Lagi pula sekarang olahraga juga bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan video-video di Youtube. Apa lagi sekarang banyak cardio, fitness, atau workout yang memakai lagu-lagu hits/Kpop. Sehingga olahraganya jadi lebih seru.

5. Jangan Lupakan Hiburan

Kebanyakan #dirumahaja tentu bikin sumpek dan pikiran jadi mumet. Jadi jangan lupa untuk tetap mencari hiburan. Kalau belum bisa jalan-jalan kita bisa melakukan banyak hal seru kok dari rumah. Misalnya nonton film/series favorit, baca buku, mendekorasi rumah, bikin kerajinan d.i.y, atau yang sedang trend sekarang adalah bercocok tanam. 

Menjaga agar pikiran tetap "waras" itu penting banget saat keadaan seperti ini. Kita nggak bisa bergerak bebas seperti dulu, ekonomi pun sulit, sedikit banyak pasti membuat kita jadi kepikiran. Untuk itu usahakan tetap melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri menjadi lebih tenang dan rileks. 

Tetap Sehat Bersama Halodoc

halodoc

Selain menerapkan tips di atas, jangan lupa untuk tetap rajin berkonsultasi dengan tenaga medis agar kita bisa mendapatkan informasi kesehatan yang dapat dipercaya.

Saya sendiri sudah mengunduh aplikasi Halodoc di smartphone saya. Karena dengan aplikasi Halodoc kita bisa berkonsultasi langsung melalui chat dengan dokter umum/dokter spesialis/psikolog. Ini ngebantu banget karena pada masa pandemi sekarang lebih baik menunda ke Rumah Sakit jika belum termasuk gawat darurat. 

Selain bisa konsultasi dengan dokter, di aplikasi Halodoc ada banyak artikel kesehatan yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kita. Mau cari alamat dan nomor telpon rumah sakit juga bisa. Misalnya mau cari informasi Rumah Sakit Siloam, tinggal ketik saja di aplikasi Halodoc. 

Dengan adanya aplikasi ini saya bisa lebih tenang di tengah masa pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya. Sembari tetap terus berdo'a agar nggak ada lagi yang tertular dan vaksinnya cepat ditemukan. 

Nah, teman-teman sudah mengunduh aplikasi Halodoc belum? Atau ada tips tambahan untuk menjaga kesehatan di tengah masa pandemi ini? Ceritakan di kolom komentar, ya.


Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement