Kamis, 14 November 2019

Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak Agar Tidak Jerawatan

tips merawat kulit wajah berminyak agar tidak berjerawat
Freepik/Ssstocker

Minyak yang terdapat pada kulit wajah mempunyai fungsi untuk melindungi kulit. Namun, apabila berlebihan akan menimbulkan jerawat. Jerawat juga diakibatkan faktor lain, misalnya stres, wanita hamil, penggunaan pil kontrasepsi dan juga perubahan aktivitas hormon. 

Jangan khawatir, berikut tips merawat kulit wajah berminyak agar terhindar dari jerawat. 


Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Kulit berminyak memiliki kekurangan dan kelebihan.Kekurangannya wajah terlihat lebih cepat kusam, make up pun susah menempel dan akan cepat luntur. Jika tidak dibersihkan dengan baik, minyak akan menempel dengan kotoran dan menyebabkan jerawat.

Namun, ada juga keuntungan yang didapatkan bagi yang mempunyai kulit wajah berminyak apabila dibandingkan dengan jenis normal ataupun kering. Jenis kulit berminyak biasanya lebih awet muda.
Bahkan jika perawatannya tepat, maka wajah akan terlihat glowing. 

Adapun salah satu tips merawat kulit wajah berminyak yaitu menggunakan sabun cuci wajah berbentuk gel. Produk ini dapat menghilangkan kelebihan minyak pada wajah, namun kulit tidak akan terasa kering atau tertarik.

Selain itu Pilihlah pelembab yang berbahan dasar air serta oil free. Sehingga wajah tetap terhidrasi tanpa membuatnya semakin berminyak.

Penggunaan masker juga dapat dilakukan untuk perawatan wajah dengan jenis kulit yang berminyak. Pilih bahan yang alami agar tidak menimbulkan efek samping. 
Ada banyak bahan alami yang bisa kita racik sendiri di rumah. Misalnya dengan menggunakan madu, kentang, bengkoang, lemon atau yoghurt.  Namun, jika ingin yang praktis, bisa menggunakan sheet mask yang dijual bebas di pasaran. 

Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak dengan Memperhatikan Asupan Makanan

Unsplash/Anna Pelzer

Jika memiliki kulit wajah oily, sebaiknya hindari makanan berlemak dan berminyak seperti gorengan. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur yang dapat membuat wajah menjadi sehat. Selain itu, kadar minyak juga lebih terkontrol.

Cara merawat kulit beminyak yang selanjutnya adalah dengan banyak minum air putih. Air putih yang masuk dalam tubuh memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengontrol kadar minyak. Minimal 8 gelas air putih setiap harinya agar dapat mengendalikan produksi minyak yang berlebih.

Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak dengan Double Cleansing
tips merawat kulit wajah berminyak agar tidak berjerawat
Freepik/brgfx

Cara satu ini juga sangat penting dalam merawat kulit berminyak. Agar minyak dan debu tidak menempel dan membuat pori-pori tersumbat, maka perlu membersihkan wajah dengan maksimal. 

Sesuai namanya, teknik double cleansing memerlukan dua tahap untuk membersihkan wajah. Pertama gunakan micellar water atau oil pembersih wajah untuk menghapus makeup dan debu setelah beraktifitas seharian. Selanjutnya langkah kedua, cucilah muka dengan facial wash khusus kulit berminyak. 

Wajah yang bersih akan membuat kulit wajah bernafas dengan baik, terasa ringan, dan mencegah datangnya jerawat.


Dengan cara di atas semoga dapat membuat wajah dengan kulit berminyak, menjadi lebih sehat dan bebas jerawat. Sehingga ketika mengaplikasikan makeup akan lebih nempel dan terlihat glowing. 

2 komentar

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement