Selasa, 19 Mei 2020

3 Laporan Keuangan Bisnis yang Harus Dikontrol Setiap Harinya

3 Laporan Keuangan Bisnis

Ada beberapa laporan keuangan harian yang akan memberikan wawasan tentang keadaan keuangan masa lalu, sekarang, dan masa depan bisnis. Sebagai pemilik bisnis, sangat penting untuk memiliki laporan data keuangan harian karena akan memungkinkan Anda untuk lebih efektif menjalankan perusahaan Anda, memungkinkan Anda untuk menganalisis operasi dengan lebih baik, dan membantu memandu keputusan bisnis.

Dari semua laporan keuangan, di bawah ini adalah 3laporan akuntansi bisnis yang paling penting yang harus ditinjau oleh setiap pemilik bisnis secara rutin untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja keuangan perusahaan.

3 Laporan Keuangan Bisnis Harian

1. Neraca

Neraca adalah laporan keuangan yang meringkas total aset perusahaan (aset lancar, tidak lancar dan tidak berwujud), kewajiban (kewajiban keuangan), dan ekuitas pemegang saham (investasi dan laba ditahan) pada titik waktu tertentu, biasanya pada akhir dari periode akuntansi.

Neraca memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan, termasuk sumber daya ekonomi yang dimiliki, hutang, dan modal pembiayaan untuk sumber daya tersebut.

Neraca dapat digunakan untuk membuat keputusan akuntansi keuangan yang lebih terinformasi. Neraca juga penting bagi pemberi pinjaman karena akan digunakan untuk menentukan kelayakan kredit perusahaan.

2. Laporan Penghasilan

Laporan penghasilan kadang-kadang disebut sebagai Laporan Laba Rugi atau Laporan Penghasilan. Laporan Penghasilan merangkum total pendapatan dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh bisnis, menunjukkan profitabilitas (laba bersih atau rugi bersih) selama periode waktu tertentu, biasanya satu bulan, kuartal atau tahun.

Laporan Penghasilan digunakan oleh pemangku kepentingan bisnis internal (seperti tim manajemen dan dewan direksi) serta pemangku kepentingan eksternal (seperti investor dan kreditor) untuk mengevaluasi profitabilitas dan membantu menilai tingkat risiko bagi investor atau kreditor. Untuk memiliki perusahaan yang layak dan berharga, pendapatan harus melebihi biaya.

3. Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas merangkum semua arus kas masuk dan arus kas keluar dari suatu bisnis selama periode waktu tertentu. Pernyataan ini berbeda dengan Neraca dan Laporan Laba Rugi karena hanya memperhitungkan aktivitas uang tunai. Laporan Arus Kas tidak memperhitungkan aktivitas nontunai seperti penjualan atau pembelian secara kredit atau depresiasi.

Laporan Arus Kas disajikan dengan tiga bagian: kegiatan operasi, pembiayaan dan investasi, dan menunjukkan area bisnis mana yang menghasilkan dan menggunakan uang tunai paling banyak. Salah satu kegunaan terbaik untuk Laporan Arus Kas adalah untuk memperkirakan arus kas masa depan yang akan membantu penganggaran dan pengambilan keputusan.

Laporan Arus Kas, Neraca dan Laporan Penghasilan bersama-sama membentuk paket laporan keuangan harian standar. Laporan keuangan ini harus disiapkan oleh tim akuntansi Anda setiap bulan setelah prosedur penutupan akhir bulan dilakukan. Ketiganya dapat digunakan untuk menghitung indikator kinerja utama dan memantaunya sepanjang waktu.

Aplikasi Buku Kas

Untuk memudahkan laporan keuangan harian bisnis Anda, maka Anda bisa mengunduh aplikasi BukuKas. Aplikasi Buku Kas banyak diunduh oleh para pebisnis karena berbagai fiturnya sangat membantu akuntansi bisnis. Tidak percaya? Buktikan segera dengan mengunduhnya di Play Store.

Pic 1: Freepik/mindandi

Pic 2 : Buku Kas

 

 

Komentar baru tidak diizinkan.
 

Ad Placement