Senin, 28 Desember 2020

Cara Merawat Gigi Agar Sehat dan Cantik bersama SehatQ


Senyum yang cemerlang dapat membuat kita terlihat lebih cantik. Senyuman juga dapat membuat perasaan orang sekitar jadi lebih baik.

Terutama jika gigi kita sehat dan terawat, tentu akan menambah kepercayaan diri. Senyum pun akan terlihat lebih tulus.

Untuk itu pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut. Kalau kita abai dengan kesehatan gigi, tentu berbagai penyakit akan berdatangan. Seperti sakit gigi, sariawan, bau mulut, karang gigi, gigi berlubang, gigi keropos, gusi bengkak, dan lain-lain.

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut kita agar senyum pun menjadi indah menawan:

Rutin menyikat gigi dengan cara yang benar


Menyikat gigi sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah sarapan, dan malam sebelum tidur. Namun jika dirasa perlu atau setelah makan makanan yang membuat banyak sisa makanan menyangkut pada gigi, tidak ada salahnya menambah frekuensi sikat gigi menjadi tiga kali sehari.

Namun rutin saja tidak cukup. Menyikat gigi harus dengan cara yang benar. Yaitu gunakan gerakan memutar dan naik turun pada gigi depan. Lalu gerakan maju mundur pada gigi samping bagian atas dan bawah. Tambahkan gerakan mencungkil untuk menyikat gigi bagian dalam. Ulangi gerakan tersebut lakukan minimal 8 kali pada setiap bagian gigi.

Untuk berkumur pun yang perlu diperhatikan adalah, kita harus menyesap sisa pasta gigi lalu buang. Kumur-kumur cukup hanya satu kali saja. Terlalu banyak berkumur bisa menghilangkan manfaat dari pasta gigi.

Perhatikan Peralatan Kebersihan Gigi


Jangan lupa pula untuk menyikat lidah, agar terhindar dari jamur lidah. Pilihlah sikat gigi yang lembut bulunya sehingga tidak menyakiti gusi dan lidah.

Pemilihan pasta gigi juga mempengaruhi kebersihan gigi. Sehingga ada baiknya menggunakan pasta gigi yang fluoride, kandungan yang dapat membuat gigi lebih kuat, dan dapat membasmi kuman dan bateri pada gigi. 

Selain itu kini sudah banyak pasta gigi organik yang tidak mengandung detergen sehingga tidak menimbulkan banyak busa saat menyikat gigi.

Maksimalkan membersihkan gigi dengan Flossing


Flossing adalah membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi dengan menggunakan benang gigi. Biasanya ini dilakukan setelah menyikat gigi untuk memastikan bahwa benar-benar tidak ada sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi.

Pentingnya membersihkan gigi dengan maksimal akan mencegah sisa makanan menempel dan membusuk yang akan menyebabkan karang gigi. Jika sudah ada karang gigi, tentu kita perlu melakukan scaling gigi.

Kurangi makanan yang asam, manis, dan jauhi rokok.


Karena makanan yang asam akan membuat gigi cepat keropos terutama untuk yang memiliki gigi sensitif, gigi akan sering terasa ngilu. Sedangkan untuk makanan manis akan membuat lubang pada gigi jika dikonsumsi berlebihan dan tidak dibersihkan dengan cara yang benar.

Begitu pula dengan rokok, efek nikotinnya akan membuat gigi kekuningan, bibir menghitam, dan nafas menjadi tidak sedap. Lagi pula rokok juga tidak bagus untuk kesehatan jantung dan paru, jadi lebih baik dijauhi ya.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah


Sayur dan buah yang mengandung banyak serat dan vitamin bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh tapi juga untuk kesehatan gigi. Terutama pada buah apel yang membuat gigi kuat, dan buah strawberry yang dapat mencerahkan gigi. Namun tetap konsumsi sayur dan buah beragam untuk mendapatkan manfaat yang maksimal ya.

Rutin memeriksakan gigi di dokter gigi.


Berkunjung ke dokter gigi sebaiknya jangan hanya saat gigi terasa sakit dan membutuhkan tindakan medis. Namun datanglah ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. 

Sekalipun sedang tidak sakit gigi, dengan memeriksakan gigi dokter dapat membantu menemukan masalah gigi sedari dini sehingga bisa segera dilakukan perawatan sebelum kerusakan gigi menjadi lebih parah.

Mudahnya Mencari Klinik Dokter Gigi Dengan SehatQ



Jangan takut dan bingung jika harus ke dokter gigi. Dengan aplikasi SehatQ dari SehatQ.com, teman-teman dapat dengan mudah menemukan alamat praktik dokter gigi sesuai dengan daerah tempat tinggal kalian.

Jika ingin berkonsultasi dulu dengan dokter, bisa pula menggunakan fitur chat yang tersedia secara gratis di aplikasi SehatQ.

Selain itu di SehatQ juga terdapat banyak artikel kesehatan yang informatif, termasuk soal kesehatan gigi.

Agar praktis dan bisa mencari informasi kesehatan kapan saja, jangan lupa download aplikasinya di Play Store atau App Store.



Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement