Tips Perawatan Rambut Wanita Berhijab Agar Tetap Sehat

by - Desember 10, 2019

source : Freepik/Senivpetro


Banyak orang yang beranggapan bahwa hijab menjadi perlindungan paling hebat bagi kesehatan rambut. Sebab rambut tidak pernah terkena paparan matahari, udara, angin, hujan dan juga asap polusi. Tapi bukan berarti rambut wanita yang berhijab tidak memiliki berbagai masalah rambut. Rambut yang selalu tertutup biasanya lembab dan mudah lepek. Sehingga memicu masalah rambut seperti rambut rontok dan ketombe. Untuk itu, penting banget mengetahui tips perawatan rambut wanita berhijab agar tetap sehat.


Tips Perawatan Rambut Wanita Berhijab

Supaya bisa terhindar dari berbagai macam masalah rambut, wanita berhijab harus melakukan berbagai macam perawatan secara khusus. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan rambut wanita berhijab yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Sisir Rambut Sebelum Mandi

Sisir rambut kamu menggunakan wide-tooth comb atau sisir yang bergerigi jarang dan juga lebar dengan bentuk yang tipis tipis. Tujuannya agar meluruskan rambut anda yang kusut. Langkah ini tampak sepele tetapi penting, sebab umumnya kira akan menata rambut bentuk sanggul atau ikat kuda sebelum menggunakan hijab. Hal itu tentu akan membuat rambut tertarik.

Menyisir rambut sebelum mandi menjadi langkah awal yang baik agar rambut anda terhindar dari masalah rontok. Sikat rambut dua kali sehari bukan hanya untuk mencegah kusut atau menjaga rambut lepek. Tetapi juga sekaligus merangsang sirkulasi darah menjadi lancar pada kulit kepala.

Memilih Shampo Khusus

Perawatan rambut berhijab bisa dilakukan dengan memilih shampo khusus. Rambut wanita berhijab umumnya lebih mudah berminyak dan lembab. Bila hal ini dibiarkan, kondisi tersebut dapat memicu munculnya ketombe dan menimbulkan rasa gatal.

Sebaiknya pilih shampo khusus untuk rambut sensitif atau yang diformulasikan khusus bagi perawatan rambut berhijab. Selain itu kamu juga nggak perlu keramas setiap hari, sebab dapat membuat rambut rapuh. Cukuo keramas dua sampai tiga kali seminggu kecuali bila rambut kamu sangat kotor.

Mengeringkan Rambut Sesudah Keramas

Jangan pernah langsung memakai jilbab saat kondisi rambut kamu masih basah. Sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan handuk kering atau blow dryer. Salah satu tips perawatan rambut berhijab ini bisa sangat membantu. Sebab memakai hijab saat kondisi rambut basah bisa mengakibatkan ketegangan pada bagian kepala dan hal ini juga akan memaksa rambut anda tertarik ke belakang. Sehingga rambut akan semakin lemah. Menutup rambut saat masih basah juga bisa menimbulkan ketombe lho.

Rutin Memakai Masker Rambut

Walaupun rambut wanita yang berhijab tidak terlihat ,bukan berarti tidak butuh perawatan. Memakai masker rambut dengan rutin dapat membuat rambut bukan hanya berkilau dan lembut. Namun juga menjadi lebih sehat kuat dan tidak mudah rusak.

Penggunaan masker rambut bisa dilakukan di salon atau di rumah. Kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis minyak seperti minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa yang bisa merawat rambut. Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya, atau masker rambut yang sudah banyak beredar di pasaran. Gunakanlah masker rambut secara rutin 1 sampai 2 kali seminggu.

Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Memilih bahan hijab yang tepat juga membantu untuk merawat rambut wanita berhijab. Kamu bisa memilih hijab yang tidak gerah, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan seharian. Pilihlah bahan kain hijab yang bisa menyerap keringat dengan baik seperti katun, sehingga rambut tidak menjadi lepek. 

You May Also Like

1 komentar

  1. terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat sekali buat saya yang jilbaban ini. bisa diterapkan :D

    BalasHapus

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.