Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

by - Desember 02, 2019

source : grape-track .org

Berkendara dengan mobil memang terasa lebih nyaman jika dibandingkan dengan sepeda motor. Pengendara tak perlu panas-panasan ataupun basah kuyup karena kehujanan. Terlebih, mobil bisa membawa anggota keluarga lebih dari dua orang.

Hanya saja, harga mobil yang tinggi menjadi kendalanya. Jika ada teman-teman yang  menginginkan mobil namun terkendala biaya, maka tak perlu khawatir. Solusinya pilih saja mobil bekas. Namun sebelumnya, pastikan mengetahui tips membeli mobil bekas agar tak kecewa di kemudian hari.


Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Meskipun mobil bekas,  jangan mengesampingkan kualitasnya. Tak bisa dipungkiri bahwa ada mobil bekas namun tetap terjaga kualitasnya baik dari body maupun mesinnya. Nah, berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas.

Cek Body Mobil

Untuk mengetahui mobil bekas yang kita incar masih berkualitas atau tidak, kita bisa memeriksa bagian body mobil. Perhatikan apakah catnya sudah mengelupas atau belum. Selain itu, cermati apakah ada goresan, karat, penyok, atau bahkan bekas tambalan. 

Jika sudah, kita juga perlu melihat plafon mobil. Pastikan memilih plafon mobil yang masih tebal. Jangan lupa juga untuk cek bannya. Hindari memilih ban mobil yang sudah tipis atau aus karena mengharuskan kita untuk menggantinya sehingga keluar biaya lagi.

Periksa Mesin Mobil

source: Freepik
Kualitas mobil bekas juga bisa dilihat dari performa mesinnya. Untuk memeriksanya, kita perlu menghidupkan mesin dan mendengarkan bunyi yang dihasilkannya. Mesin mobil yang masih bagus bercirikan mudah distarter dan mengeluarkan bunyi yang halus. 

Untuk memastikan kualitas mesinnya, bisa juga dengan melakukan test drive. Berpikirlah dua kali untuk membeli jika mobil bekas tersebut terasa berat dan cenderung tidak stabil dalam melaju.

Catatan Servis

Ketika ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas, kita perlu menanyakan catatan servisnya. Tips membeli mobil bekas yang satu ini jangan disepelekan karena bisa membantu dalam meninjau kondisi mesinnya. Mobil yang rutin diservis tentu saja memiliki mesin yang masih prima seperti baru. 

Ajak Mekanik Ahli

Jika kita masih awam di bidang otomotif, ada baiknya mengajak teman yang sudah familiar dengan bidang tersebut. Dengan mengajak mekanik ahli, kita bisa meminta bantuannya untuk memeriksa kondisi mobil bekas. Dikarenakan melibatkan pendapat ahlinya, maka kita akan lebih yakin untuk membeli mobil bekas tersebut nantinya.


Kelengkapan Dokumen

Memeriksa kelengkapan dokumen, seperti STNK, BPKB dan Faktur, sangan penting untuk diperhatikan. Jangan tergiur dengan harga mobil bekas yang murah namun tak dilengkapi dengan surat-surat. Pastikan juga harga yang ditawarkan sesuai dengan harga di pasaran. 


Membeli Mobil Bekas Secara Online

Dengan teknologi yang semakin canggih dan akses internet yang mudah ditemui dimana-mana, maka membeli mobil bekas tidak hanya melalui showroom saja. Untuk menghemat waktu dan tenaga, kita bisa mencari mobil bekas secara online. 



Salah satu situs yang terpercaya dalam jual beli mobil bekas adalah olx.co.id, dimana kita bisa menemukan ribuan iklan mobil bekas lengkap dengan keterangan foto, dan kondisi mobil. Serta ada fitur chat dengan penjual untuk bertanya lebih lanjut tentang kondisi mobil. 

Selain itu OLX mobil bekas menyediakan akses kredit mobil, serta layanan inspeksi mobil secara gratis. Tentu saja ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan mobil impian. 

Nah, semoga dengan tips di atas kita dapat membeli mobil yang selama ini diidamkan namun dengan harga yang lebih terjangkau dan berkualitas. Ada yang pernah punya pengalaman membeli mobil bekas juga? Silahkan cerita di kolom komentar, ya.


You May Also Like

0 komentar

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.