8 Cara Menghilangkan Jerawat Batu


Jerawat yang muncul di wajah kita memang dapat mengurangi kepercayaan diri, apalagi untuk anak muda itu adalah sebuah mimpi buruk. Penampilan kita akan menjadi tidak sempurna karena adanya jerawat di wajah kita, apalagi jika jerawat kita meninggalkan bekas. 

Banyak wanita yang melakukan banyak hal agar jerawat tidak menghampiri waah mereka. Walaupun jerawat bisa tumbuh dimana saja bukan hanya di wajah, namun orang-orang akan lebih fokus untuk menghilangkan jerawat yang ada di waja karena bagian tubuh inilah yang paling sering terlihat. 
 

Mengenal Jerawat Batu

Menghilangkan jerawat memang gampang-gampang susah apalagi jika jerawat yang ada di wajah kita adalah jerawat batu. Jerawat batu memang berbeda jika dibandingkan dengan jenis jerawat yang lainnya. Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan jerawat batu, ada baiknya kamu kenali dulu ciri-ciri jerawat batu untuk memastikan apakah jerawat di wajah kamu adalah jerawat batu atau bukan.

1. Lebih keras, lebih sakit, dan lebih nyeri
Dibandingkan dengan jerawat biasa, jerawat batu mempunyai bentuk yang lebih kecil. selain itu, jerawat batu juga mempunyai tekstur yang lebih keras dan akan terasa sakit jika kamu menyentuhnya. Rasa sakit ini lama kelamaan akan berubah menjadi rasa nyeri yang susah hilang. Selain itu, warna jerawat batu juga berwarna putih dan bijinya lebih menonjol.

2. Bekas jerawat batu lebih susah hilang dan dapat meninggalkan bekas lubang
Ciri-ciri kedua dari jerawat batu adalah jerawat ini akan meninggalkan bekas. Bekasnya tidak seperti jerawat biasa yaitu noda hitam atau luka bopeng, namun jerawat batu akan meninggalkan bekas berupa lubang di kulit. Tentu saja hal ini menyebabkan kulit wajah menjadi tidak mulus lagi.

3. Menyebar 2 kali lebih cepat
Jerawat batu adalah jenis jerawat yang bandel dan sangat mengganggu karena dapat menyebar ke seluruh permukaan wajah dengan cepat jika tidak segera ditangangi. Karena itulah menjaga kebersihan amat sangat penting bagi mereka yang menderita jerawat batu.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Banyak sekali cara yang digunakan oleh para wanita untuk menghilangkan jerawat batu pada wajah mereka yang memang sukar untuk dihilangkan. Mereka akan menggunakan segala cara menghilangkan jerawat batu baik dengan cara yang alami ataupun menggunakan teknologi kecantikan. Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat batu yang alami.

1. Tomat
Buah tomat bukan hanya sekedar menghilangkan jerawat Anda. Tomat pun juga bisa mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah Anda. Gunakan tomat sebagai masker untuk menghilangkan jerawat batu. Ambil satu buah tomat yang sudah matang kemudian potong menjadi dua bagian. Lalu, oleskan daging tomat ke bagian wajah yang terdapat jerawat batu. Gunakan daging tomat yang berair hingga airnya habis. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

2. Jeruk nipis
Tentu saja semua orang sudah tahu bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat mengobati jerawat. Jeruk nipis juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah yang sering menjadi penyebab jerawat. Jerawat batu di wajah kamu dapat hilang dan sembuh dengan menggunakan jeruk nipis. 

Vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis juga dapat membantu mencegah jerawat. Gunakan jeruk nipis sebagai masker untuk menghilangkan jerawat batu. Ambil satu buah jeurk nipis yang masih segar. Lalu belah menjadi dua dan peraslah airnya. Oleskan air perasan jeruk nipis ke bagian wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

3. Pepaya
Cara menghilangkan jerawat batu yang ketiga adalah pepaya. Selain dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, buah pepaya juga sudah lama dijadikan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan dan kecantkan kulit, buah ini mengandung vitamin C yang tinggi dan pastinya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat batu. Gunakan pepaya sebagai masker untuk menghilangkan jerawat batu. 

Ambil daging buah pepaya segar sebanyak tiga sendok makan dan haluskan hingga terbentuk pasta kental. Oleskan masker pepaya pada wajah secara merata. Kemudian diamkan hingga 15 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersin. Gunakanlah masker pepaya secara rutin walaupun jerawat sudah hilang.

4. Es batu
Ternyata es batu juga merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat batu. Es batu membantu mengurangi radang pada jerawat dan dapat menyembuhkannya secara perlahan. Biasanya jerawat akan menjadi bengkak, begitu juga dengan area di sekitarnya. Untuk mengurangi bengkaknya, maka gunakanlah es batu untuk mengompres. 

Ambil satu kotak kecil es batu dan bungkus dengan kain bersih atau tisu. Kompreskan es batu pada jerawat dengan cara menekannya selama beberapa menit. Kalau kamu sudah tidak bisa menahan dingin, maka segera lepaskan. Ulangi langkah ini sampai es batu habis.

5. Beras Jepang
Beras Jepang bukan hanya digunakan sebagai bahan makanan, namun juga digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Beras Jepang memang sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan bagi para wanita Jepang. 

Jika kamu tidak bisa menemukan beras Jepang, maka kamu bisa juga menggunakan beras lokal karena khasiatnya pun sama. Bagaimana cara menggunakan beras Jepang untuk menghilangkan jerawat batu? Saat kamu memasak nasi, ambil air rebusan beras sebelum berasnya matang dan airnya habis. Air beras yang digunakan tidak usah banyak-banyak, cukup satu sampai dua gelas saja. Biarkan airnya sampai dingin, lalu gunakan air tersebut untuk mencuci wajah sehari dua kali sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang ampuh.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Jerawat? Yuk, Cari Tahu Sebabnya!
Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat 100% Ampuh

6. Lemon
Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Sama seperti jeruk nipis, lemin kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat. 

Gunakan lemon sebagai masker untuk menghilangkan jerawat batu. Ambil buah lemon yang masih segar untuk hasil perawatan terbaik. Belah buah lemon menjadi dua dan perasa setengah bagian buah lemon hingga airnya habis. Celupkan kapas bersih ke dalam air perasan lemon dan kompreskan ke bagian wajah yang berjerawata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

7. Putih telur
Selain menghilangkan komedo, putih telur juga berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, putih telur dapat mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih.   

Gunakan putih telur sebagai masker untuk menghilangkan jerawat batu. Gunakan putih telur dari ayam kampung secukupnya, karena satu butir telur bisa untuk dua kali pemakaian. Capurkan putih telur dengan satu sendok teh madu atau satu sendok teh air perasan lemon. Kocok hingga semua bahannya tercampur rata. Oleskan ke seluruh wajah lalu diamkan hingga 15 menit atau setelah muka kamu sudah terasa kencang. Bilas dengan air bersih.

8. Madu
Cara menghilangkan jerawat batu yang terakhir adalah dengan menggunakan madu. Ambil satu sdm madu dan campurkan dengan satu sdm air perasan lemon. Kocok kedua bahan sampai rata kemudian oleskan masker madu pada bagian yang berjerawat. Diamkan hingga 20 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih