Cara Membuat Pemutih Wajah Alami

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah putih berseri? Kulit putih, cerah, berseri adalah dambaan setiap orang, khususnya wanita. Memiliki kulit wajah yang putih berseri mencerminkan wajah mendapatkan perawatan yang baik.

Terlebih lagi, jika wajah bersih dari jerawat membandel. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan wajah putih dan cerah berseri. Mulai dari perawatan menggunakan pemutih wajah alami atau secara tradisional hingga perawatan yang menggunakan produk-produk kecantikan, seperti krim pemutih wajah.

Sebetulnya sah-sah saja jika ingin menggunakan krim pemutih wajah sebagai salah satu cara memutihkan wajah dengan cepat.

Namun, ada beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan, yaitu krim tersebut harus memiliki sertifikat BPOM. Sebab, untuk mendapatkan lisensi ini, suatu produk harus lolos tes uji tes keamanan produk.

Jadi, jika telah terdapat lisensi dari BPOM, produk tersebut berarti telah lolos tes uji keamanan dan dipastikan aman untuk digunakan.

Namun terkadang, meski krim wajah sudah banyak yang berlisensi, ada saja orang yang tidak ingin menggunakannya dengan alasan takut menggunakan krim dengan zat kimia, ingin menghindari zat-zat kimia, takut terkena kanker, dan sebagainya.

Ada juga yang tidak memakai krim karena keterbatasan biaya, sebab butuh biaya besar jika kita harus pergi ke tempat perawatan wajah.

Jangan khawatir, tanpa krim pemutih pun Anda masih tetap bisa mendapatkan kulit putih berseri dengan cara mencerahkan wajah yang kusam secara alami.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa membuat berbagai macam masker wajah untuk memutihkan dan mencerahkan wajah.

Jika paham cara kerjanya, menggunakan pemutih wajah alami akan sama hasilnya dengan melakukan perawatan wajah. Malah justru lebih terbukti aman untuk kulit wajah.

Cara Membuat Pemutih Wajah Alami
Mengapa Kulit Menghitam?
Sebelum mengetahui cara memutikan wajah secara alami dan permanen, ada baiknya mengetahui penyebab menghitamnya warna kulit.Dalam tubuh manusia terdapat zat protein yang berperan untuk menentukan warna kulit seseorang. Zat tersebut bernama melanin.

Warna kulit yang lebih gelap berarti memiliki melanin yang lebih banyak pada lapisan epidermisnya, dibandingkan dengan kulit yang berwarna terang.

Ketika kulit kita terpapar sinar matahari/sinar UV yang begitu menyengat, secara otomatis melanin akan diproduksi. Hal inilah yang akan membuat warna kulit menjadi gelap.
Sebagian besar penduduk dunia, beaktivitas pada siang hari, karenanya mau tidak mau pasti kulit akan lebih sering terapar sinar matahari.

Meski, hanya terkena pantulannya saja. Nah, berdasarkan hal inilah, para ahli dermatologi kulit mencari nutrisi atau zat-zat untuk mencegah produksi melanin secara berlebihan, terutama pada saat kulit terpapar sinar UV.

Karenanya, krim-krim pemutih atau sunblock dibuat. Zat-zat tersebut biasanya dijadikan bahan krim pemutih wajah adalah yang kaya akan Vitamin C, Asam Kojic, Arbutin, Asam Azelaic, Alpha Hydroxy Acids, Niacinamide, Glutathione, Cinnaomum Subavenium, dan beberapa zat lainnya.

Jadi, sebetulnya warna kulit seseorang itu bergantung pada seberapa banyak jumlah melanin yang diproduksi. Semakin banyak diproduksi, kulit akan semakin gelap. Karenanya, bagi Anda tidak menggunakan krim pemutih wajah, cara memutihkan wajah pria ataupun wanita bisa menggunakan cara alami dengan bahan-bahan yang kaya akan zat-zata tersebut di atas.

Bahan Pemutih Wajah Alami
Kali ini kami akan memberikan tips dan trik cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang berfungsi untuk menghambat produksi melanin. Cara-cara ini bisa mendapatkan hasil yang permanen.

Namun, tentunya tergantung pada Anda. Jika dipraktikkan secara rutin, maka hasilnya akan sempurna. Sebaliknya, jika Anda tidak memakainya secara rutin, maka kuilt wajah akan kembali lagi ke warna asli kulit Anda.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Berikut ini 5 cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang bisa dilakukan secara rutin, yuk simak!

1.    Jeruk Nipis/Lemon
Sejak lama, jeruk nipis atau lemon telah dijadikan bahan perawatan kulit wajah. Sebab, dalam 100 gram jeruk nipis atau lemon, terdapat kurang lebih 38.7 mg Vitamin C. Semakin banyak Vitamin C yang dikonsumsi, akan semakin cepat menghambat produksi melanin. Hal inilah yang menjadikannya sangat efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah.

Selain itu, jeruk nipis/lemon juga mengandung zat antibakteri yang berfungsi menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakannya, yaitu:
·    Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, hingga minyak dan kotoran terasa tidak ada lagi di wajah
·    Siapkan 1 buah jeruk nipis atau lemon dan belah menjadi dua bagian
·    Ambillah 1 bagiannya dan usapkan ke seluruh wajah hingga leher
·    Diamkan selama 10 hingga 15 menit
·    Bilas wajah dan leher hingga benar-benar bersih
·    Lakukan secara teratur setiap pagi dan sore hari. Hasilnya akan terlihat setelah Anda rutin mempraktikkannya setelah kurang lebih 2 minggu

2.    Tomat
Semua orang tahu, tomat begitu kaya akan Vitamin C. Setiap 100 gr tomat, mengandung sekitar 13.7 mg Vitamin C. Karenanya, untuk perawatan wajah, tomat adalah pilihat yang sangat tepat.

Cara memutihkan wajah dengan tomat dapat dilakukan dengan cara berikut:
·    Siapkan 1 buah tomat segar dan potong menjadi dua bagian
·    Bersihkan wajah Anda menggunakan air keran mengalir
·    Gosokkan Tomat yang telah dibelah tadi pada sekitaran wajah dan leher dengan gerakan memutar
·    Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas wajah dan leher
·    Gunakan pelembab jika terasa kering, tipis saja
·    Lakukanlah cara ini setiap hari sebelum tidur.

3.    Lidah Buaya
Sejak zaman nenek moyang, secara turun temurun lidah buaya memang memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk perawatan wajah saja, tetapi juga rambut dan lainnya. Lidah buaya untuk perawatan wajah juga tidak hanya berfungsi untuk mencerahkan kulit saja, melainkan juga melakukan regenerasi kulit dan memudarkan bintik-bintik hitam di wajah.

Cara menjadikan lidah buaya pemutih alami wajah:
·    Bersihkan wajah, keringkan
·    Potong satu tangkai lidah buaya, kupas kulitnya
·    Ambil jel lidah buaya dan oleskan merata ke seluruh wajah dan leher
·    Diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih
·    Jika terasa kering, gunakan pelembab
·    Gunakan pagi dan sore. Lihat hasilnya setelah 2 minggu

4.    Kunyit + Susu
Kunyit dan susu juga terbukti untuk mencerahkan kulit wajah. Sebab, memiliki kandungan Vitamin dan mineral yang ampuh menghambat produksi melanin. Belilah bubuk kunyit di apotek agar lebih praktis.

Caranya:
·    Campur 2 sdm bubuk kunyit + 1 sdm susu sapi murni
·    Aduk hingga mengental dan oleskan ke seluruh wajah dan leher
·    Diamkan hingga 15 menit, bilas dengan air hangat
·    Gunakan 1 kali sehari

5.    Kentang
Kentang juga baik untuk kulit karena mengandung Vitamin C tinggi.

Caranya:
·    Cuci wajah hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk halus
·    Belah kentang segar menjadi dua bagian
·    Ambil satu bagian kentang dan usapkan ke seluruh wajah dan leher
·    Diamkan selama 15 menit
·    Bilas menggunakan air bersih
·    Gunakan secara rutin pagi dan sore setiap hari


Semoga bermanfaat