Selasa, 11 Juni 2024

Strategi Problem Solving Untuk Menangani Keluhan


Salah satu soft skill yang perlu dipunyai adalah pemecahan masalah atau problem solving. Di setiap pekerjaan akan menemukan permasalahan yang datang, sehingga perlu untuk diatasi dengan tepat. Kemampuan problem solving akan membantu untuk membuat strategi problem solving yang tepat sehingga membuat solusi yang diambil akan bisa memberikan keuntungan yang terbaik dan juga mencegah kerugian yang timbul.

Permasalahan yang bisa dihadapi contohnya adalah keluhan yang datang pada bisnis Anda. Komplain dari pelanggan tersebut akan bisa memberikan citra yang tidak baik. Sehingga bisa untuk mengatasinya dengan tepat agar bisa menangani komplain yang diterima. Jangan sampai gegabah untuk melakukan penanganan komplain yang justru akan bisa membuat masalah menjadi lebih besar bahkan juga merusak citra yang dipunyai. Di mana untuk cara penanganan komplain yang datang bisa dilakukan adalah berikut ini.

Mendengarkan Keluhan Yang Datang

Untuk strategi problem solving yang tepat ketika ada keluhan yang datang adalah dengan mendengarkan terlebih dahulu. Pastikan untuk selalu mendengarkan keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Hal tersebut merupakan langkah untuk menghormati konsumen yang dipunyai dan juga agar tidak menyinggung. Oleh karena itulah pastikan untuk mendengarkan keluhan yang datang dan juga mencatatnya. Keluhan tersebut bisa sangat penting untuk segera di atasi terutama ketika ada lebih dari satu orang yang memberikan keluhan yang sama.

 Mengidentifikasi Akar Masalah

Langkah selanjutnya setelah menerima keluhan yang didengarkan dengan baik adalah dengan mengidentifikasi masalah. Keluhan tersebut merupakan masalah yang dihadapi oleh bisnis, sehingga perlu untuk diselesaikan dengan segera. Cari akar masalah dari datangnya keluhan konsumen yang dipunyai. Seperti misalnya ketika restoran menerima keluhan dengan rasa yang kurang enak, maka bisa mencari penyebabnya seperti dari bahan, chef, kebersihan alat makan, bumbu yang digunakan, dan juga lainnya.

Identifikasi masalah yang dipunyai dengan tepat untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi tersebut. Ketika berhasil untuk mengidentifikasi akar masalah maka akan sangat mudah untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk dipilih. Sehingga bisa untuk mencegah adanya komplain yang sama berulang kembali ketika telah dilakukan cara untuk penanganan akar masalah yang dihadapi.


 Mencari Solusi Yang Tepat

Setelah menemukan akar masalah maka bisa untuk mencari solusi yang tepat. Penting untuk membuat beberapa pilihan solusi yang bisa diambil. Kemudian bisa dipertimbangkan dan juga melakukan diskusi dengan tim yang dapat untuk memberikan keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang terbaik.

Pemilihan solusi yang bisa digunakan bisa untuk memperhatikan mengenai keuntungan dan juga kerugian yang bisa diberikan dari permasalahan yang diambil. Sehingga agar bisa mendapatkan keuntungan terbaik dan menghindari masalah baru yang timbul, maka sebaiknya pilih solusi yang tepat. Oleh karena itulah diskusi penting untuk dilakukan sehingga bisa menerima masukan untuk memilih jenis solusi yang paling tepat untuk diterapkan dalam melakukan penyelesaian masalah yang dihadapi.

 Follow Up Untuk Menghindari Masalah Serupa

Apabila mendapatkan keluhan dari konsumen maka merupakan hal yang perlu untuk di apresiasi. Dibandingkan konsumen tersebut langsung berpindah ke produk atau layanan lainnya tanpa memberikan komplain pada sebuah usaha. Dengan adanya komplain dapat menjadi langkah untuk mengembangkan produk yang dipunyai menjadi lebih baik. Sehingga setelah mendapatkan solusi yang terbaik maka bisa untuk follow up agar bisa mencegah tidak ada komplain yang serupa datang. Terapkan solusi untuk permasalahan yang dipunyai agar tidak mendapatkan komplain yang serupa.

Dengan mengikuti berbagai cara di atas akan bisa mendapatkan strategi problem solving yang tepat ketika mendapatkan komplain yang datang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa saran dan kritik dapat menjadi masukan, sehingga bisa melakukan perbaikan untuk produk dan layanan yang diberikan. Tugas dari bisnis adalah untuk menemukan solusi yang tepat dengan mengikuti langkah untuk problem solving yaitu dengan identifikasi masalah dan menerapkan solusi yang tepat. Selain untuk penanganan komplain, pelajari kemampuan problem solving lainnya yang didapatkan dengan mengikuti pelatihan program singkat di Prasmul-ELI. Daftar sekarang juga pelatihan singkat untuk bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam bisnis di website Prasmul-ELI atau hubungi +62 811 1991 1168.

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement