Kamis, 16 Januari 2020

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Rumah

Freepik

Memiliki hunian sendiri adalah impian setiap keluarga. Namun tidak setiap orang bisa membeli rumah karena berbagai pertimbangan. Baik itu pertimbangan finansial, ataupun mengingat pekerjaan yang mengharuskan pindah-pindah kota secara berkala. 


Untuk itu menyewa rumah adalah solusi yang tepat. Sehingga jika sudah waktunya pindah karena resiko pekerjaan, kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan perawatan rumah yang akan ditinggalkan. Selain itu menyewa rumah juga lebih menyenangkan daripa sekedar kos kamar, karena kita bisa mendekorasinya sesuka hati tanpa harus sungkan dengan penghuni lainnya.

Namun ada beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan sebelum menyewa rumah, agar kita merasa aman dan nyaman menghuninya. 

1. Pilihlah Rumah dengan Lokasi yang Strategis

Salah satu pertimbangan utama sebelum menyewa rumah, pastikan lokasinya strategis. Misalnya dekat dengan kantor atau kampus. Sehingga untuk menuju kesana tidak perlu memakan waktu yang lama, atau bahkan tidak perlu transport karena bisa dituju hanya dengan berjalan kaki saja. 

Namun jika tidak ada rumah disewakan yang sesuai dengan tempat kerja, kamu tetap bisa memilih hunian yang sedikit jauh namun lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau kendaraan online. 

2. Perhatikan Lingkungan Rumah 

Jika kamu dan keluarga adalah tipe yang tidak suka dengan kebisingan, maka memilih rumah sewaan di pinggir kota adalah solusinya. Selain itu perhatikan juga apakah keamanan, kebersihan, sering banjir atau tidak, dan tingkat sosialisasi warganya sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Siapkan Waktu Khusus Untuk Survei

Mengingat rumah adalah tempat dimana kita bisa menghabiskan waktu cukup banyak, terutama di akhir pekan, maka kenyamanan dan keamanan adalah hal yang utama. Untuk mencari hunian yang sesuai, tentu kamu perlu menyiapkan waktu khusus untuk survei. 

Pertama, lakukan survei secara online. Apa lagi zaman sekarang dengan internet di genggaman tangan. Misalnya jika kamu ingin mencari rumah di daerah Pluit, maka tinggal ketik sewa rumah di pluit di mesin pencarian maka banyak pilihan yang tersedia. Setelah menemukan beberapa pilihan rumah sewaan yang dirasa cocok, kemudian siapkan waktu khusus untuk mendatangi lokasi rumah secara langsung.

4. Teliti dengan Kondisi dan Fasilitas Rumah

Freepik

Kata orang, memilih hunian sama dengan memilih jodoh. Harus teliti agar kita nyaman tinggal di dalamnya. Meskipun ini hanya rumah sewaan, namun tetap saja kita perlu memeriksa kondisi dan fasilitas rumah dengan seksama. Misalnya, bagaimana sumber airnya? Melalui PDAM atau sumur? Kalau pakai PDAM apakah lancar atau sering macet? Begitu pula dengan kondisi atapnya apakah ada yang bocor? Jangan ragu untuk bertanya banyak hal tentang kondisi rumah kepada pemiliknya.

5. Perhatikan Harga Sewa Rumah  Untuk Menyiapkan Budget Tahunan


Sekalipun sudah merasa cocok dengan suatu hunian, pastikan harga sewa tahunannya sesuai dengan budget yang kita miliki. Perlu diingat bahwa menyewa rumah pasti menimbulkan biaya lainnya seperti biasa listrik dan air, biaya kebersihan dan keamanan, perabotan rumah tangga yang tidak disediakan pemilik rumah, dan sebagainya. 

Jadi pastikan bahwa harga sewa rumah tetap sesuai on track sehingga tidak mengganggu cash flow. Itulah pentingnya untuk rajin survei sampai menemukan rumah yang tepat. Jangan lupa untuk mengeluarkan skill negosiasi yang kamu miliki, agar pemilik rumah mau memberikan pengurangan harga sewa.

6. Baca dengan Seksama Surat Perjanjian Sewa Rumah

Freepik
Setelah dirasa cocok dengan satu rumah untuk disewa, pastikan kamu membaca teliti dan seksama surat perjanjian sewa rumah tersebut. Misalnya jika terjadi kerusakan rumah akibat bencana alam, maka siapakah yang akan menanggung biaya perbaikan rumah tersebut? Pemilik ataukah penyewa? Lalu apakah ada denda yang harus dibayarkan jika terjadi keterlambatan pembayaran uang sewa? Dan sebagainya. 

Memeriksa surat perjanjian sewa rumah dengan seksama, memberikan kesempatan untuk mendiskusikannya kembali kepada pemilik rumah jika ada aturan yang sekiranya memberatkan satu pihak saja. 

Nah, itu dia enam hal yang harus kalian perhatikan sebelum memutuskan menyewa rumah. Semoga bermanfaat ya.

Hai, jangan lupa tinggalkan komentar ya.

 

Ad Placement