Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Bahan Alami

Penampilan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seorang wanita, terlebih lagi masalah wajah.

Pastinya semua wanita menginginkan wajah putih berseri, bersih, segar, cerah, dan terbebas dari jerawat maupun flek-flek hitam. Banyak sekali cara yang dilakukan oleh setiap wanita untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Mulai dari pergi ke klinik kecantikan, sampai dengan menggunakan bahan alam. Cara memutihkan wajah secara alami ini cukup populer dikalangan anak muda, dewasa, bahkan orang tua. Bahan alam yang dirasa tidak mempunyai kandungan kimia lain yang dapat mempengaruhi wajah, sehingga banyak sekali orang-orang yang menggunakan bahan alam tersebut.

Putihkan Kulit Dengan Bahan Alami
Jika setiap wanita ingin mempunyai wajah putih dengan cepat bisa langsung pergi ke klinik kecantikan, tetapi menurut banyak orang tidak semua orang bisa cocok dengan krim-krim yang diberikan oleh klinik tersebut.

Oleh sebab itu, banyak orang yang beralih ke bahan alami meskipun dengan menggunakan bahan alami hasil akan terlihat bagus namun membutuhkan waktu yang cukup lama. berikut ini beberapa cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan bahan alami.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Bahan Alami
 1.    Tomat
Tomat merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan licopen yang cukup tinggi yang sangat penting untuk antioksidan untuk mengikat radikal bebas. Tomat juga mempunyai vitamin C dan juga vitamin E yang cukup banyak yang dapat memutihkan wajah. Tomat dapat diaplikasikan sebagai masker untuk dapat mengangkat kotoran di wajah yang kemudian nanti kulit akan terasa lebih cerah, kencang, dan segar.

Cara memutihkan wajah dengan tomat dapat dibuat masker wajah yang cukup sederhana yaitu sebagai berikut:
-    Siapkan tomat merah dan segar secukupnya yang telah dibersihkan
-    Campurkan dengan perasan jeruk nipis, blender sampai halus
-    Oleskan masker tomat pada wajah yang telah dibersihkan
-    Diamkan selama sekitar 10 menit
-    Bilas dengan air dingin hingga bersih
-    Lakukan secara rutin, lebih baik sebelum tidur

2.    Bengkoang
Seperti yang sudah diketahui bahwa bengkoang ini merupakan salah satu bahan alam yang sudah dikenal dapat dengan baik memutihkan kulit baik dengan cara langsung maupun dengan masker. Bengkoang ini mempunyai kandungan air yang sangat tinggi yang dapat memberikan efek dingin pada kulit wajah ketika digunakan.

Selain itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi, flavonoid, dan saponin yang ada dalam ekstrak bengkoang dapat meregenerasi kulit dan dapat mencerahkan kulit. Sehingga tidak diragukan lagi banyak sekali orang yang menggunakan produk-produk kecantikan yang mengandung bahan bengkoang.

Selain itu bengkoang juga mengandung kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan lain seperti zat fenolik juga terdapat pada bengkoang yang dapat menghambat pembentukan melanin. Zat fenolik ini juga dapat mencegah perubahan warna kulit yang diakibatkan oleh hormon, paparan panas sinar matahari, noda hitam dan bekas jerawat.

Berikut ini merupakan salah satu cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan bengkoang, diantaranya adalah:
-    Menyiapkan satu buah bengkoang yang dikupas dan juga telah dibersihkan
-    Diparut dan juga diperas airnya
-    Oleskan air perasan bengkoang pada wajah sampai dengan merata
-    Kemudian diamkan selama 30 menit
-    Lalu bilas dengan air sampai dengan bersih

3.    Minyak Zaitun
Minyak zaitun dipercaya merupakan salah satu bahan alam yang dapat digunakan cara memutihkan wajah dalam 2 hari. Minyak zaitun berasal dari tanaman tradisional yang mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi. Minyak zaitun ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan masker yang dapat mencerahkan wajah secara alami. Berikut ini merupakan langkah yang dapat digunakan untuk membuat masker berbahan minyak zaitun.
-    Campurkan minyak zaitun dan sedikit gula pasir aduk merata
-    Oleskan dan balurkan pada kulit wajah secara merata
-    Berikan pijatan lembut selama 5 menit hingga minyak mengering
-    Kemudian cuci wajah hingga bersih

4.    Madu
Madu merupakan salah satu bahan alam yang mempunyai banyak khasiat. Selain sering digunakan untuk segala macam pengobatan, madu juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah. Madu mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, kalium, dan fosfor. Selain itu juga madu mengandung vitamin yang cukup tinggi seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Madu dapat digunakan sebagai masker dengan mengikuti beberapa langkah berikut.
-    Siapkan sekitar 2 sendok makan madu
-    Oleskan pada wajah secara merata
-    Diamkan selama 20 menit
-    Bilas dengan menggunakan air hangat
-    Lakukan secara rutin minimal 1 kali sehari

5.    Kunyit
Kunyit ini merupakan salah satu bahan lam yang merupakan suatu golongan rimpang yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Kunyit mempunyai aroma yang sangat khas, kunyit juga sering digunakan untuk banyak pengobatan.

Warna kuning pada kunyit menandakan bahwa kunyit mempunyai kandungan betakaroten yang sangat tinggi, betakaroten ini merupakan suatu pigmen berwarna kuning yang ada pada buah dan sayur. Betakaroten ini dapat dikonversikan menjadi vitamin A yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kunyit dapat digunakan sebagai masker karena dapat dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan mampu mencerahkan wajah.

Adapun beberapa langkah untuk membuat masker dari bahan kunyit.
-    Siapkan kunyit yang ditambahkan sedikit air lalu dihaluskan sampai lembut
-    Oleskan campuran kunyit pada wajah sampai rata
-    Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker kering
-    Bilas wajah menggunakan air sampai bersih
-    Lakukan secara rutin selama seminggu sekali

6.    Jeruk Nipis
Jeruk nipis ini merupakan salah satu buah kecil yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dapat berperan sebagai antibakteri dan antioksidan. Dalam 100 gram jeruk nipis dapat mengandung 0,9 gram protein, 11,4 gram karbohidrat, 0,5 gram mineral, 33 mg kalsium, 51 kal kalori, 0,2 gram lemak, 23 mg fosfor,  49 mg asam askorbat, dan 0,4 mg zat besi.

Jeruk nipis ini juga mempunyai kandungan AHA yang menjadi suatu kandungan yang bagus untuk memutihkan kulit.  Antioksidan dalam vitamin C ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit dan juga dapat meregenerasi sel kulit baru. Selain dapat memutihkan kulit, jeruk nipis juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori dan juga flek hitam yang membandel.

Adapun beberapa langkah untuk mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah.
-    Siapkan buah jeruk nipis dan peras airnya
-    Campurkan putih telur sampai merata
-    Oles pada wajah sampai merata
-    Diamkan selama 20 menit dan sampai kering
-    Bilas dengan air hangat sampai bersih dan bau amisnya hilang

7.    Stawberry
Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat penting untuk kulit dan kecantikan wajah. Diantaranya adalah kandungan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, mineral, juga protein. Selain itu juga terdapat kandungan lain seperti asam salisilat dan AHA yang dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit yang dapat menyebabkan beberapa masalah pada kulit.

Salah satu cara untuk memutihkan wajah adalah dengan menggunakan langkah berikut.
-    Siapkan beberapa buah stawberry dan haluskan
-    Campurkan dengan perasan jeruk nipis
-    Tambahkan susu bubuk dan aduk sampai merata
-    Bersihkan wajah sebelum menggunakannya dengan air hangat
-    Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit
-    Kemudian cuci bersih
-    Gunakan secara rutin selama seminggu sekali

8.    Yoghurt
Yoghurt ini merupakan salah satu olahan susu yang mempunyai kandungan kalsium dan vitamin yang cukup tinggi. Adanya bakteri Lactobacillus bulgaricus pada yoghurt dapat mensintesis kandungan lemak dalam susu menjadi suatu asam laktat. Fermentasi susu ini yang disebut dengan yoghurt. Yoghurt mempunyai kandungan seperti karbahidrat, protein, vitamin, mineral yang lebih tinggi dari susu. Asam laktat dalam yoghurt juga dapat berperan sebagai exfoliator yang dapat membantu mengangkat sel mati. 

Berikut ini merupakan beberapa langkah membuat masker dari bahan yoghurt.
-    Tuangkan yoghurt dalam suatu wadah
-    Tambahkan madu dan susu kedalamnya
-    Oleskan pada wajah secara menyeluruh dan merata
-    Diamkan sampai 10 menit
-    Dan bersihkan dengan air hangat

9.    Lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu bahan alam yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Lidah buaya mempunyai kandungan aloesin yang berfungsi dalam menghambat pembentukan melanin yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap. Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan lidah buaya ini karena dapat membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dan segar. Lidah buaya ini juga merupakan slah satu cara memutihkan wajah selama 1 minggu.

Adapun beberapa langkah yang dapat digunakan untuk membuat masker lidah buaya.
-    Kupas kulit lidah buaya dan pisahkan dengan gelnya
-    Oleskan gel lidah secara menyeluruh
-    Diamkan selama 10 menit
-    Lalu bilas dengan air hangat
-    Lakukan secara rutin sehari dua kali

10.    Pepaya
Pepaya cukup banyak digunakan dalam berbagai pengobatan alami karena mengandung beberapa vitamin seperti pro vitamin A kateroid, betakaroten, vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, B9, E, dan K. Kandungan vitamin C dalam pepaya ini mencapai 103% dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C ini dapat menjaga kelembapan kulit serta mampu mencerahkan kulit.

Berikut ini merupakan langkah dalam memutihkan wajah:
-    Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
-    Haluskan pepaya dan oleskan pada seluruh bagian wajah
-    Tunggu sampai 20 menit dan bilas dengan air hangat
-    Lakukan secara rutin 2 kali seminggu

Baca juga: Cara Membuat Pemutih Wajah Alami

Nah itulah beberapa cara memutihkan wajah secara alami.  Sebelum Anda melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini,

Anda juga harus mengetahui beberapa penyebab dari mengapa kulit bisa hitam atau gelap.
 
1.    Faktor genetika
Faktor genetika memang sudah tidak bisa diubah bagaimanapun caranya karena sudah diturunkan dari orang tua. Tetapi, dengan kulit yang hitam bukan berarti Anda tidak bisa tampil dengan bersih dan bersinar.

2.    Gaya Hidup Tidak Sehat
Penyebab dari kulit gelap salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Pola hidup tidak sehat ini dapat menyebabkan sulitnya kulit untuk menjadi putih dan cerah. Kebiasaan dari gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan kulit kusam dan gelap adalah terlalu sering begadang, malas membersihkan wajah dari sisa kotoran dan jarang berolahraga.

3.    Umur
Umur merupakan salah satu penyebab dari kulit yang gelap, ketika seorang anak yang berusia remaja dan sudah pubertas akan lebih mudah dalam memiliki kulit putih karena produksi kolagen pada kulit akan lebih banyak diproduksi.

Kebiasaan Sehat Kulit Putih Bersih
Selain daripada penyebab dari kulit gelap, Anda juga harus dapat menjaga kecantika wajah Anda dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Anda mungkin akan merawat wajah Anda dengan menggunakan beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami tadi, tetapi selain itu ada beberapa kebiasaan lain yang harus Anda lakukan juga.

1.    Menjaga pola hidup sehat
Seperti yang tadi dijelaskan, pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit Anda menjadi hitam gelap dan kusam. Oleh sebab itu Anda harus dapat menjaga pola hidup Anda menjadi pola hidup yang sehat. Jika Anda ingin memiliki kulit putih yang cerah, maka Anda dapat menjauhi kurang tidur, jarang mandi, makan tidak teratur, dan lainnya. mulailah hidup dengan kebiasaan yang sehat.

2.    Mengonsumsi air putih
Kekurangan air putih dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Oleh sebab itu kebutuhan air putih seseorang harus terpenuhi dengan minimal mengkonsumsi 8 gelas sehari atau 2 liter sehari. Dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama dapat menghilangkan jerawat pada wajah. Selain itu banyak mengkonsumsi air putih juga dapat mengeluarkan berbagai macam toxin atau racun dalam tubuh sehingga dapat juga dijadikan sebagai cara untuk diet sehat mengecilkan tubuh.
 
3.    Menjaga kebersihan kulit
Masalah kulit kering, kusam, dan hitam dapat disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan kulit akibat adanya debu, polusi, minyak, dan bakteri yang menempel di kulit. Hal-hal tersebut jika dibiarkan terus akan menyebabkan pori-pori Anda tersumbat yang dapat menimbulkan masalah kulit wajah lainnya misalnya saja seperti jerawat. Sehingga rajin-rajinlah dalam membersihkan kulit wajah agar tidak terkena kotoran.

4.    Menghindari asap rokok
Asap rokok ini merupakan salah satu radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit kering dan keriput. Sehingga lebih baik Anda dapat menghindari asap rokok agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

5.    Menghindari stress
Stress dapat menyebabkan kulit kusam dan kering sehingga nantinya dapat menyebabkan kulit dapat terlihat lebih hitam. Stress juga dapat memicu masalah lain seperti jerawat. Sehingga sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stress. Lebih baik sering-sering untuk berlibur atau sekadar untuk menyegarkan pikiran.

Itulah beberapa kebiasaan atau pola hidup yang harus diterapkan untuk mendapatkan kulit yang putih, bersih, cerah.

Dengan menjaga pola hidup tersebut menjadi suatu kebiasaan yang baik, dan menjaga wajah Anda dengan berbagai cara memutihkan kulit secara alami tadi maka sudah dapat dipastikan kulit Anda bisa menjadi lebih putih bersinar. Sebenarnya selain daripada wanita, cara memutihkan kulit ini juga dapat digunakan untuk pria.

Karena kulit yang bersih juga tidak hanya diinginkan oleh wanita meskipun pria cenderung tidak terlalu menginginkan putih. Cara memutihkan kulit wajah pria hampir sama dengan wanita, tetapi lebih banyak pria yang memilih memiliki kulit yang gelap bersih dan maskulin.

Semoga bermanfaat

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami