Cara Mengetahui Cream Pemutih Wajah yang Aman

Wajah putih dan cerah merupakan impian setiap orang, terutama wanita. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan wajah yang putih dan cerah, misalnya menggunakan cara-cara tradisional dengan membuat masker wajah sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Selain menggunakan maker pemutih wajah dari bahan-bahan alami, sesungguhnya Anda juga bisa menggunakan cream pemutih wajah yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan kecantikan ternama.

Namun, ketika Anda memutuskan menggunakan cream pemutih wajah dari perusahaan kecantikan, Anda tentu harus ekstra hati-hati. Anda harus mencari cream yang aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Sebab, saat ini sangat banyak beredar cream-cream untuk memutihkan wajah yang diproduksi oleh perusahaan kecantikan yang tidak berlisensi BPOM. Sudah banyak juga dari mereka yang mengklaim diri paling bagus dan aman. Jika tidak teliti, Anda akan terbuai dengan promosi-promosi manis tersebut.

Apalagi, keinginan Anda untuk mendapatkan kulit putih, kadang membuat Anda selalu ingin membuat perubahan yang cepat.

Pada akhirnya Anda memilih cream pemutih yang instant tanpa memperhatikan secara detil keamanannya. Penting untuk Anda ketahui, produk pemutih instant biasanya tidak selalu aman karena mengandung bahan kimia berbahaya yang lambat laun atau secara langsung dapat merusak jaringan tubuh Anda. Bisa beresiko merusak wajah, seperti malah timbul banyak jerawat atau wajah menjadi gosong.


Terlebih lagi, kandungan karsinogen yang seraingkali terkandung dalam cream pemutih wajah berbahaya yang dapat menjadi pemicu timbulnya sel kanker. Karenanya, Anda harus cerdas dalam memilah produk pemutih yang aman bagi kulit.

Tentu Anda tidak ingin kan wajah atau tubuh Anda menjadi rusak hanya karena cream pemutih dengan bahan berbahaya? Oleh karenanya, kita harus jeli meneliti terlebih dahulu kandungan dalam krim pemutih yang hendak diaplikasikan ke wajah.

Pilihlah krim pemutih wajah yang aman di apotik berbahan alami. Sebab, memahami dengan detil komponen bahan dasar yang ada di dalam satu krim pemutih sangatlah penting. Karena tak dapat dipungkiri memang banyak produsen krim pemutih yang menggunakan sembarang bahan baku yang akan menimbulkan efek buruk bagi konsumennya.

Cara Membedakan Cream Pemutih Wajah yang Aman dari Kemasannya

Menentukan cream pemutih wajah yang aman dan permanen untuk kulit wajah Anda memang harus teliti. Jangan hanya terpengaruh dengan iklan dan promosi pihak produsen yang sudah pasti bagus.

Jangan juga hanya terpengaruh dengan harganya yang lebih murah dari cream pemutih lainnya. Ingat! Harga murah atau mahal tidak menjamin kualitas produk tersebut aman atau tidak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan hal berikut. Sebelum memutuskan untuk membeli cream pemutih, periksalah terlebih dahulu kemasan cream pemutih Anda. Berikut ini kami berikan beberapa ciri krim pemutih yang aman dan bagus:

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

1.    Lolos Uji Kualitas
Hal yang paling utama harus dilihat ketika membeli cream pemutih yang bagus dan terbukti pasti aman, yaitu terdapat nomor register dari BPOM. Dengan adanya nomor tersebut, tandanya produk tersebut telah lolos uji kualitas di laboratorium dan mendapatkan lisensi resmi dari lembaga terkait. Kalau sudah begini, produk yang digunakan jelas aman untuk digunakan. Oleh karenanya, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah tersedia nomor register BPOM dalam di kemasannya atau tidak.

2.    Terdapat komponen
Selain melihat nomor register, lihat juga komponen apa saja yang terkandung dalam cream pemutih Anda. Jangan hanya terpengaruh karena merk tersebut merupakan merk cream pemutih wajah paling ampuh.

Penting bagi Anda komponen apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda. Salah satu zat yang berbahaya bagi kulit adalah merkuri. Jika merkuri terdapat dalam krim pemutih Anda, maka bisa saja membuat wajah Anda memerah atau rusak seumur hidup akibat efek sampingnya.

Namun, biasanya jika sudah dilabel BPOM, krim pemutih aman dari zat berbahaya seperti merkuri. Tetap saja memeriksa komponen perlu dilakukan. Sebab, mungkin saja ada bahan yang menjadi pantangan pada Anda.

Ciri Cream Pemutih Wajah yang Aman dan Tidak Berbahaya

Selain melihat kemasan dan komponen yang tertera pada kemasan, Anda harus juga jeli melihat tekstur dari krim tersebut.

Berikut ini adalah cara membedakan cream pemutih yang baik untuk kulit wajah Anda:

1.    Ciri cream pemutih wajah yang aman dan permanen, warnanya tidak mencolok dan terlalu mengkilap. Karena, produk pemutih wajah yang memiliki warna terlalu mencolok menandakan ia terbuat dari bahan kimia yang berbahaya. Patut dicurigai jika krim menonjolkan warna yang terlalu kuning mencolok atau putih mengkilap seperti mutiara, karena bisa jadi menggunakan bahan pewarna berbahaya.

2.    Pastikan krim Anda tidak berbau menyengat. Aromanya seperti bau logam yang menyengat. Aroma krim pemutih yang terlalu menyengat merupakan salah satu ciri krim tersebut memiliki bahan kimia berbahaya. Namun, Anda harus waspada, untuk menyamarkan bau logam biasanya produsen yang nakal akan memberikan parfum khusus. Karenanya Anda harus betul-betul jeli.

3.    Krim pemutih wajah yang aman tidak lengket di kulit dan juga dapat tercampur dengan rata. Krim wajah berbahaya biasanya memiliki tekstur yang lengket karena dalam proses pembuatannya biasanya krim ini dicampur dengan adonan seperti bedak. Kemudian, jika cukup lama didiamkan, terlihat ada bahan yang terpisah, yaitu bagian padan dengan bagian minyaknya.

4.    Krim wajah yang aman, ketika diaplikasikan ke wajah akan membuat efek pada wajah menjadi lebih cantik natural dan tidak pucat. Sedangkan, krim wajah yang mengandung bahan berbahaya akan memberikan efek putih yang pucat, bahkan jika lama kelamaan digunakan akan membuat wajah keabu-abuan karena jaringan kulit terkikis oleh bahan merkuri.

5.    Krim yang tidak aman, setelah beberapa saat diaplikasikan ke wajah, lama kelamaan akan terasa efek negative, seperti kemerahan, panas, dan perih, terutama saat wajah terpapar sinar matahari. Efek yang paling bahaya, jika sudah membuat wajah gatal.

Segeralah hentikan pemakaian jika tanda-tanda tersebut sudah ada pada krim yang Anda gunakan. Kulit memiliki jaringan yang khusus melindungi bagian bawahnya dari sinar matahari, sehingga kulit tidak akan terasa sakit apalagi sampai perih saat terpapar dinar matahari. Akibat penggunaan sembarang cream pemutih wajah, kulit akan terasa perih dan sakit karena jaringan tersebut terkikis oleh zat berbahaya yang terkandung di dalamnya.

6.    Tidak ada cream pemutih wajah aman dan cepat. Biasanya, jika krim tersebut aman, hasilnya tidak akaninstant. Krim yang memiliki hasil yang sangat cepat, biasanya mengandung bahan kimia keras dan jelas tidak baik untuk kulit Anda. Cream wajah berbahaya akan menimbulkan efek putih yang begitu cepat.

7.    Krim wajah yang aman tidak menyebabkan ketergantungan. Ketika Anda memutuskan untuk menghentikan pemakaian, tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Jika menimbulkan bintik merah dan semacamnya, krim Anda patut dicurigai.

8.    Walau tidak selalu, biasanya harga pemutih wajah terlaris dan sangat murah cenderung berbahaya. Mahal sedikit tidak masalah, asal terbukti aman.

Semoga Bermanfaat


Baca juga: Cara Membuat Pemutih Wajah Alami